Cara Mengatur Nomor Halaman Dengan Format Berbeda Dalam Satu File di Ms Word 2007

Jika membuat sebuah buku, Skripsi, Proposal, Yang berupa naskah dengan penuh halaman. Yang biasanya di sertai dengan daftar isi yang membuat topic atau bahasan yang ada di dalam buku atau Skripsi tersebut, Dan juga di cantumkan dalam Nomor halaman atau Page Number.

Di dalam aturan pemberian nomor halaman, Ada dua format nomor halaman, Yaitu format nomor halaman dengan angka Romawi kecil, Dan penomoran halaman dengan menggunakan angka Standart. penomoran halaman dengan angka Romawi kecil Seperti, (l, ii, iii,) Biasanya diberikan mulai pada halaman judul, Abstrak, halaman Pengesahan, Halaman Motto, Sampai dengan halaman dafter isi atau Kata pengantar. Sedangkan nomor halaman yang menggunakan angka Standart, 1,2,3, dst diberikan pada halaman Bab 1 pendahuluan dan seterusnya.

Yang biasanya aturan letak memberikan nomor halaman yang berbeda. Halaman judul sampai dengan kata pengantar yang menggunakan angka Romawi kecil, Biasanya terletak Pada bagian Footer/Center (Yang berada di Tengah-tengah) Sedangkan pada halaman BAB 1 Pendahuluan dan seterusnya menggunakan angka Standart dan Nomor halaman terletak pada Footer Di sebelah kanan [Right] Kecuali pada setiap halaman BAB Yang berada pada Header atas Di sebelah kanan.

Cara-cara seperti yang diatas biasanya Si penulis atau yang mengetik Naskah terbagi menjadi dua atau tiga File Yang terdiri dari File yang berisi halaman judul dan yang satunya Satunya lagi File dengnan halaman dengan nomor angka standart [BAB1, dst] Namun hal tersebut bisa kita jadikan menjadi satu File saja yang terdiri dari halaman dengan Nomor Romawi, Dan halaman dengan nomor angka Standart. Justru itu anda harus membuat section break.

Caranya berikut yang di bawah ini:

1.- Ketik semua Naskah Buku, Skripsi, Proposal, Laporan Dan Yang sebagainya.

2.- Untuk membuat nomor halaman Romawi pada halaman judul sampai kata pengantar. lalu Klik Insert, pada Group Menu [Header Dan Footer] Klik [Page Number] Kemudian pilih [Bottom of page] terus pilih [Plain Number 2].

 

3.- Maka pada halaman 1 akan terlihat pada halaman judul. Dan untuk mengubah angka Standart menjadi angka Romawi, Klik pada Page Number lalu pilih Format Page Numbers.

 

4.- Pada Number Format pilih i,ii,iii,.. Dan klik Ok. Maka Nomor halaman akan berubah dari angka 1 menjadi i [Angka Romawi 1] 

 

5.- Sampai di sini semua halaman menggunakan angka Romawi kecil.

6.- Cara untuk membuat halaman BAB 1 Pendahuluan dan seterusnya menjadi angka Standart di mulai dari angka 1 tampa merubah Format nomor halaman yang sebelumnya. Maka halaman BAB 1 harus si buat [Section break] Caranya, Latakkan kursor pada halaman BAB1 atau halaman yang nomor, halaman yang akan di rubah. Lalu klik [Ribbon Page Layout[, Dan klik [Breaks] Pada Group menu Page setup. Kemudian Pilih [Next page] Sampai di sini New Section beak telah terbentuk.

7.- Teruskan Mengklik ganda pada Footer/Nomor halaman BAB. 1. Pada Ribbon Design, Group menu Navigation, Nonaktifkan tombol Link [to previous]. Terus klik tombol tersebut sehingga tidak bewarna kuning seperti yang biasanya.

 

8.- Lalu hapus nomor halaman tersebut, dan kemudian pada ribbon design, group menu Header&footer, Klik page number. dan pilih Format page Numbers.

 

9.- Lalu pada number Format ubah Kode, [i,ii,iii,..] Menjadi [1,2,3]. Kemudian pada pilihan Start at pilih 1 terus klik Ok.

 

10.- Hingga saat ini sudah berubah. yaitu halaman judul sampai dengan kata pengantar menggunakan Format nomor halaman menggunakan angka Romawi kecil, Sedangkan pada halaman BAB. 1. Pendahuluan menggunakan nomor halaman angka Standart.

11.- Cara untuk pengaturan letak halaman, Pada Prisipnya menggunakan cara yang sama, Yaitu menghilangkan Fungsi [Link to Previous] dan [Start at] pilih secara manual pada halaman yang anda butuhkan.

12.- Setelah pengaturan yang di atas maka dalam Satu File nomor halaman Berbeda-beda Format nya. Ada nomor halaman dengan Format angka Romawi [i,ii.iii...] dan ada juga nomor halaman yang menggunakan angka Standart/Arabic [1,2,3,..].   

Sekian saja ucapan terimakasih saya semoga bermanfaat buat kita semua dengan Tutorial ini. http://karya-mandau.blogspot.com/2012/11/tips-mengatur-nomor-halaman-dengan.html. 
         

0 komentar:

Posting Komentar