Tips Mudah Mengurutkan Data Teks dalam Tabel Microsoft Word

Di data yang kita miliki terkadang akan lebih mudah di baca apabila dalam keadaan terurut, Berdasarkan aturan yang tertentu. Pengurutan bisa berupa dari kecil ke besar (Ascending, A-Z) Ataupun dari besar ke kecil (Descending Z-A) Untuk mengurutkan data teks didalam tabel Microsoft Word 2007 Anda bisa menggunakan Langkah-langkah berikut di bawah ini.

1. Pilih atau klik tabel yang akan diurutkan Data-datanya.

2. Dari menu (Table Tools) klik (Layout).

3. kemudian klik tombol (Sort) Untuk memulai mengurutkan data.

 

4. Lalu pada (dialog Sort) yang muncul isikan Nilainya.

5. Dan pada bagian (My List has) Pilih (Header Row) Apabila anda melakukan blok cell tabel termasuk Headert Row Nya, Jika tidak, pilih saja (No Header Row).

6. Kemudian pada bagian (Sort by) Isikan Listbox dengan nilai yang tersedia. Dan jika anda tidak menggunakan Header Row Maka kolom paling kiri adalah kolom 1.

7. Dan isikan apakah anda ingin Mensortir data tabel sebagai Number atau Teks.

8. Lalu jika anda ingin membuat urutan dari besar kekecil (descending) Maka anda harus memilih Opsi (descending) Jika tidak, Maka data anda akan diurutkan dari kecil ke besar (ascending).

9. Kemudian pastikan bahwa data yang anda pergunakan telah sesuai, Kemudian klik Ok.

 

Pada saat menampilkan data kita menggunakan Nomor urut yang terletak di kolom paling kiri, Nomor urut tersebut biasanya menjadi berantakan alias tidak Berurutan. Untuk mengurutkan kembali, Lakukan pengurutan untuk nomor urut tersebut. Yang pertama blok kolom nomor urut tersebut. 

Kemudian lakukan proses pengurutan data seperti yang di atas. Tetapi pada saat muncul (dialog Sort) klik tombol (options) Yang berada di bagian kiri bawah. Lalu dialog yang muncul pada bagian (sort options) berikan tanda check pada (sort column only) terus klik Ok. Dan lanjutkan dengan mengklik Ok pada (dialog Sort) Selesai.

Sekian terimakasih anda telah membaca artikel ini dan sebagai sumbernya http://www.cara.aimyaya.com. By http://karya-mandau.blogspot.com/2012/12/tips-mudah-mengurutkan-data-teks-dalam.html

0 komentar:

Posting Komentar