Mengapa Artis-artis Kepincut Bisnis Batu Bara

Meski jauh dari pekerjaannya, mereka yakin investasi ini menguntungkan !..


Sejumlah artis ramai-ramai masuk dalam bisnis pertambangan batu bara. Mulai dari Julia Perez, Yuni Shara, Jane Shalimar, hingga Shezi Idris. Meski jauh dari dunia pekerjaannya, mereka yakin investasi ini sangat menguntungkan.

Pengamat energi Pri Agung Rakhmanto menilai  masuknya sejumlah artis dalam bisnis pertambangan batu bara ini tak lain dari dampak otonomi daerah dan adanya Undang-undang Pertambangan Mineral dan Batu Bara yang memberikan hak kepada pemerintah daerah untuk memberikan izin tambang. "Akibatnya siapa yang punya uang, akan mudah memulai bisnis ini," kata dia dalam perbincangan melalui sambungan telepon dengan VIVAnews, Jumat 14 September 2012.

Tak cuma itu, harga batu bara yang masih tinggi dan pasar yang masih terus menyerap juga menjadi alasan utama bisnis ini tumbuh. Secara teknis penambangan batu bara juga tak memerlukan teknologi tinggi, seperti pada tambang-tambang mineral lainnya.

"Apalagi pengawasan pertambangan batu bara sangat longgar, jadi sangat mudah bagi siapa pun menjalankan bisnis ini," ujar Direktur ReforMiner Institute ini.

Memang, ada dampak buruk dari menjamurnya tambang ini, seperti pengelolaan energi yang tak terkendali dan kerusakan lingkungan. Bayangkan saja, data ReforMiner Institute menyatakan pertumbuhan produksi batu bara Indonesia mencapai 15-20 persen, di atas negara-negara lain, termasuk China dan Australia.

Sementara itu sumber VIVAnews yang sudah malang-melintang di dunia pertambangan mengatakan, bisnis tambang batu bara sangat mudah. Tinggal siapkan uang Rp1 miliar dan menyiapkan izin, penambangan sudah bisa dimulai. "Ini industri bukan padat modal," katanya.

Sekadar informasi, Julia Perez atau Jupe terlibat dalam bisnis batu bara di Batulicin, Kalimantan Selatan. Menurut Jupe, usaha yang sedang dijalaninya itu sangat menjanjikan. Meski baru beberapa bulan, usahanya sudah menghasilkan miliaran rupiah.

Selain Jupe, Yuni Shara, Jane Shalimar, dan Shezi Idris juga melirik batu bara. Mereka menganggap usahanya itu sebagai rencana jangka panjangnya. Baca selengkapny

0 komentar:

Posting Komentar